Ingin Pilih Ekstensi Domain Tertentu? Ketahui Tren di 2020

Tidak ada sebuah website pun yang dapat berjalan tanpa adanya domain. Salah satu hal yang berkaitan dengan domain adalah ekstensi domain. Ada banyak sekali pemilik website yang berbondong-bondong ingin beli Domain .com dan ini berlaku untuk semua negara. Kamu pasti pernah berpikir ekstensi apa yang paling banyak pengunjungnya? Apakah benar .com yang tertinggi? Jika tidak percaya, kalian bisa check domain sekarang juga.

Kemudian, kamu ingin memiliki ekstensi tersebut juga untuk dipasang pada alamat website yang baru mau dibuat. Semua itu dapat diwujudkan dengan menggunakan statistika top-level domain (TLD). Jangan keburu kabur dulu ya dengar nama statistika, karena semuanya akan disajikan dalam bentuk artikel yang ringan buat dibaca saat bersantai.

Jumlah Pengguna Ekstensi Domain 2012

Pada awal perkembangan dunia internet, satu-satunya domain yang ada hanyalah .com. Seiring berjalannya waktu ada penambahan jenis ekstensi yang sekarang jumlahnya sekitar 49 macam dan banyak dipakai masyarakat. Jenis ekstensi sebanyak itu juga bisa kamu dapatkan semuanya di DomaiNesia melalui laman Harga Domain.

Setiap ekstensi ditawarkan dengan harga berbeda-beda, karena memang menunjukkan tujuan dan tingkat prestige yang berbeda. Jadi tidak boleh sembarangan menggunakan ekstensi domain dan harus menyesuaikan dengan isi dari website. Kamu yang ingin menggunakan ekstensi domain dengan topik yang bebas alias fleksibel bisa menggunakan .com maupun .site.

Pengguna ekstensi tersebut secara global sekitar 46.9% pada 2012. Ada sekitar 26,3 juta website yang menggunakan generic top level domain (gTLD) dan sebagian besar pemiliknya berasal dari masyarakat China. Kemudian, ICANN mengumumkan adanya 1.232 top level domain baru pada 2012.

Baca juga : Belajar digital marketing untuk bisnis lebih maju

Mungkin akan terlintas dalam pikiran para pemula website tentang siapa itu ICANN? Singkatnya, ICANN merupakan sebuah grup atau organisasi asal Amerika yang bertanggung jawab terhadap koordinasi, perawatan, dan memastikan database yang berkaitan dengan internet berjalan dengan lancar, termasuk dalam pembuat peraturan tentang ekstensi domain.

Salah satu ekstensi yang sempat booming peminatnya adalah .xyz pada tahun 2012. Sedangkan ekstensi yang sering disalahgunakan adalah .gdn. Biasanya ekstensi domain yang sudah terlanjur rusak pamornya akan menjadi kurang laku dijual. Kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fakta perkembangan ekstensi domain, maka perlu menyimak seterusnya.

Perkembangan Pengguna Ekstensi Domain 2018 – 2020

Perkembangan pengguna internet menjadi semakin banyak setiap tahunnya disebabkan oleh semakin banyak orang yang sadar akan internet. Akhirnya pada tahun 2018, sudah ada pengguna internet sebanyak 348.7 juta. Pada tahun 2018, setidaknya terdapat website yang melakukan registrasi terhadap ekstensi .org. Saat itu, ekstensi .xyz juga menjadi ekstensi populer.

Kemudian pada akhir 2018, jumlah pengguna country code TLD (ccTLD) sudah mencapai 154,3 juta. Domain .cn yang mewakili negara China adalah yang terbesar dan sudah mencapai 22.7 juta domain yang registrasi. 

Memasuk awal 2020, setidaknya ada pertambahan pengguna website sekitar 31.7 juta menggunakan jenis gTLD. Pada bulan 8 Januari 2020, pengguna ekstensi .xyz sudah mencapai sekitar 2 jutaan di seluruh dunia. Kemudian tren penggunaan .site menjadi tumbuh pesat bersamaan dengan .top.

Nilai Saham Beberapa Ekstensi Domain

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa website dengan akhiran .com tetap menjadi raja dalam dunia ekstensi domain. Namun, pengguna website juga tidak dapat mengabaikan munculnya berbagai ekstensi lainnya. Intinya, semua ekstensi tetap memiliki pasar masing-masing.

  1. Distribusi Saham TLD

Sampai dengan saat ini, jenis TLD yang paling banyak adalah .com. Saham dari TLD tersebut mencapai 72.90% yang mana sangat mendominasi di dunia internet. Sisanya adalah .net dan .org sebesar 6.62% dan 5.02%.

  • Distribusi Saham TLD Baru

Beberapa TLD baru dengan perkembangan pengguna yang cukup pesat adalah .top, .icu, .vip, dan .online. Ekstensi .top dianggap sebagai domain baru yang memiliki potensi cukup baik terhadap pertumbuhan jumlah penggunanya pada saat diluncurkan. Saat ini memiliki nilai saham sekitar -1.74%.

Kemudian, domain terbaru yang muncul 2019 dan langsung memiliki banyak pengguna adalah .icu. Ekstensi tersebut memiliki saham sebesar 2.4% di dunia ekstensi domain. Sedangkan sisanya adalah .vip dan .online yang memiliki saham sekitar 0.69% dan 0.65%.

  • Distribusi Saham ccTLD

Dalam pembahasan ini, setidaknya hanya akan ada dibahas .ru, .de, dan .br saja. Ekstensi berupa .ru biasanya mewakili negara Rusia dan memegang saham sekitar 5.6%. Sedangkan .de adalah domain negara Jerman yang mana nilai sahamnya -2.3%. Kemudian, .br merujuk pada negara Brazil yang mana memiliki saham sekitar 1.8%.

Pada dasarnya artikel tersebut dapat menunjukkan seberapa banyak pengguna dari beberapa ekstensi domain. Memang sampai dengan saat ini, .com tetap menjadi raja dalam dunia alamat website. Namun kamu yang tidak menemukan nama domain yang tepat dengan .com bisa beralih ke ekstensi lainnya, seperti .online, . site, .xyz, dan lain sebagainya.

Kamu yang sedang berniat menggunakan ekstensi domain tertentu, bisa coba berlangganan melalui DomaiNesia. Ada banyak sekali jenis ekstensi yang disediakan dengan harga berbeda dan semakin terjangkau, karena sedang ada diskon besar-besaran. Buruan beli ekstensi domain kesukaan kamu mumpung lagi ada promo.

Komentar Terbaru