Masih Efektifkah SEO untuk Bisnis Saya? (Point Of View)

Ketika pertama kali mendengar kata digital marketing, hal pertama yang paling banyak di bahas dan di ungkapkan oleh para praktisi digital marketing adalah Search Engine Optimization (SEO). Setuju atau tidak, hingga saat ini SEO masih salah satu pilar penting dalam dunia digital marketing. Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi untuk mengoptimasi mesin pencari agar website atau konten tertentu mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian.

Masih Efektifkah SEO untuk Bisnis Saya
Sumber Gambar : coredna.com

Beberapa tahun lalu, ada suatu kondisi dimana parameter untuk Search Engine Optimization (SEO) hanya sekedar bisa tampil di peringkat satu hasil pencarian Google. Tapi, Search Engine Optimization bisa jadi tidak menarik bagi para pebisnis, atau dengan kata lain SEO bukan lagi menjadi pemain utama untuk mencapai tujuan bisnis sekarang ini. Selain karena membutuhkan waktu yang tidak singkat, tempat untuk Search Engine Optimization (SEO) di Search Engine Result Page (SERP) juga semakin sedikit karena harus berbagi dengan Google Ads.

Alasan lain yang membuat Search Engine Optimization (SEO) tidak lagi menjadi primadona adalah biaya yang dikeluarkan. Untuk keyword dengan kompetisi high sudah pasti tidak bisa hanya mengandalkan strategi-strategi biasa saja atau menggunakan tools gratisan. Baik pebisnis dengan resource inhouse atau yang menggunakan jasa digital agency, butuh biaya lebih yang harus di keluarkan hanya agar website bisa tampil minimal di halaman satu hasil pencarian Google.

Bayangkan jika dalam satu tahun lebih, khsusnya bisnis yang baru mulai berjalan, hanya berkutat seputar SEO dengan mindset “Bagaimana cara agar website saya bisa tampil dihalaman satu hasil pencarian Google”. Lalu, setelah berhasil di optimize dan website tampil di halaman 1 pencarian Google, permasalahan baru pun timbul dan mulai sering bertanya, “Kenapa belum ada penjualan yah, padahal sudah masuk halaman satu”

Jika bisnis yang sedang di jalankan tidak menghasilkan income yang sesuai dengan yang harapan, tentu akan semakin sulit untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis tersebut kedepan. Padahal banyak yang harus dibayar seperti resource, biaya operasional dan lain sebagainya.

Lalu pertanyaan yang muncul berikutnya adalah, apakah SEO sudah tidak relevan dengan bisnis Saya?. Jawabannya adalah tidak, bisnis jenis apapun masih tetap relevan menggunakan Search Engine Optimization (SEO), yang perlu di perhatikan adalah objective atau tujuan bisnis tersebut menggunakan Search Engine Optimization (SEO).

Jika bisnis yang sedang di jalankan berharap SEO bisa membantu mendatangkan income yang bagus dalam waktu singkat tentu salah, sebaiknya menggunkan tools lain yang bisa mendatangkan banyak pelanggan ke bisnis kita dalam waktu singkat, seperti Google Ads. Lalu, apa sebenarnya yang bisa saya harapkan dari Search Engine Optimization (SEO) dengan kondisi sekarang?

Perlahan tapi pasti, objective dari Search Engine Optimization (SEO) itu sendiri sudah bukan tentang mendatangkan income dalam waktu dekat, melainkan sebuah investasi jangka panjang. SEO itu tidak mati, kita yang tidak menempatkan dan memanfaatkannya. SEO masih bisa membantu meningkatkan awareness dan visibity bisnis. Tentunya, semakin bagus awareness dan visibility bisnis, semakin mudah untuk menjual barang dan jasa yang sedang kita tawarkan.

Search Engine Optimization (SEO) memungkinkan kita untuk mendatangkan banyak traffic. Semakin banyak traffic yang datang ke sebuah website semakin bagus awareness dan visibility bisnis. Selain itu traffic tersebut adalah data mewah yang bisa kita olah untuk mencapai tujuan bisnis. Setiap pengunjung website yang berhasil di generated dari Search Engine Optimization (SEO) adalah database dan aset yang sangat berguna. Dengan memanfaatkan tools analisa website seperti Google Analytics kita bisa memahami journey dan behaviour masing-masing pengunjung website kita.

Kesimpulan

Digital marketing memang masih pemain baru di industri marketing, tools yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan bisnis lewat digital marketing pun sangat beragam. SEO yang merupakan salah satu bagian dari digital marketing hingga saat ini masih efektif untuk membantu bisnis kamu bertumbuh dengan catatan, menempatkan tujuan SEO pada tempatnya.

Fokus lah pada tujuan dan objective bisnis kamu. Kenali produk dan market, tentukan time frame, dan hitung bujet yang kamu miliki, lalu pilih channel yang paling memungkinkan untuk mencapai tujuan tersebut. Digital marketing bukanlah perjudian, jadi jangan asal pilih channel dan tools yang akan digunakan.

Komentar Terbaru