5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Butuh Website dan Digital Marketing

Dunia maya dibalik efek baik dan buruknya bagi kehidupan manusia adalah pasar yang sangat menjanjikan dengan milyaran pelanggan potensial setiap harinya yang sedang mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pada era digital seperti sekarang ini, orang-orang lebih senang berinteraksi dengan bisnis Anda melalui channel-channel digital yang tersedia.

Kenapa Bisnis Anda Butuh Website dan Digital Marketing
Sumber Gambar : acutesoft[dot]com
Memiliki digital asset sebagai sarana untuk memastikan visibility bisnis Anda di jagat maya  sangat membantu agar tetap bisa bertahan di pasar yang semakin kompetitif seperti sekarang ini. Oleh karena itu, bisnis Anda butuh digital asset yang kuat sebagai sarana pemasaran online, salah satunya adalah website. Dalam pembahasan kali ini, kita akan ulas lebih dalam 5 alasan kenapa bisnis Anda butuh website dan Digital Marketing.

1. Mengehamat Biaya Marketing Anda

Memasarkan produk atau jasa Anda melalui metode konvensional seperti televisi, radio, billboard, koran, event dan metode konvensinal lainnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan menggunakan website dibantu tools digital marketing lain seperti seo,pay per clik, konten marketing dan email marketing jauh lebih hemat dibandingkan memasarkan produk atau jasa Anda melalui motede konvensional.

Berdasarakan survery yang dilakukan sejumlah pakar digital marketing menyebutkan bahwa konten marketing lebih hemat tiga kali lipat dari segi biaya dibandingkan metode pemasaran secara konvensional seperti televisi.

2. Semua Orang Menggunakan Internet

Hampir semua orang online setiap harinya, mulai dari calon pelanggan hingga ke pesaing Anda. Orang di era digital seperti sekarang ini menggunakan internet sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Menghabiskan sebagian besar hari mereka dengan membaca, meneliti, membeli, bermain game, menoton video atau untuk kebutuhan lainnya.

Jadi ada kemungkinan yang sangat tinggi bahwa didalam kolam luas ini terdapat pelanggan potensial yang mencari produk atau jasa Anda, dan pergi ke website pesaing yang menawarkan produk dan jasa yang sama dengan bisnis Anda. Jadi memastikan kehadiran bisnis Anda di jagat maya melalui website sangat penting mengingat bahwa kebanyakan orang tidak melalukan pembelian atau berinteraksi dengan bisnis baru kecuali mereka sudah pernah melihatnya secara online.

3. Pelanggan yang Datang Kepada Anda

Memiliki sebuah website berarti bisnis Anda buka 24 jam dalam sehari. Dengan kata lain, bisnis Anda tetap buka di online meskipun toko Anda sedang tutup. Pemasaran melalui digital memungkinkan pelanggan untuk melihat produk dan jasa Anda melalui website sepanjang hari dan bisa berkomunikasi atau berinteraksi dengan Anda kapanpun mereka ingin.

Website memberikan pelanggan dan calon penggan Anda kemewahan berinteraksi sesuai dengan flesibilitas waktu mereka sendiri. Dengan demikian, website memiliki peran penting untuk mendatangkan pelanggan kepada Anda. Hal ini tentu lebih menguntungkan, daripada Anda yang mengejar pelanggan.

4. Meningkatkan Trust dan Kredibilitas

Di era digital seperti sekerang ini, ulasan dan testimoni positif dari pelanggan dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda secara instan. Banyak orang yang menjadikan ulasan dari orang yang sudah pernah berinteraksi dengan bisnis Anda sebagai rujukan sebelum memutuskan untuk membeli atau memakai jasa Anda.

Semakin banyak orang yang mengulas dan memberi kesan yang positif untuk bisnis anda secara online akan mendorong orang lebih banyak untuk mencoba produk atau memakai jasa yang Anda tawarkan.

5. Bisa Diukur dan ROI (Return Of Invesment) Lebih Jelas

Keberhasilan pemasaran produk melalui metode konvensional lebih susah di ukur daripada melalui digital marketing apalagi menggunakan banyak media. Sedangkan lewat digital marketing dengan banyak bantuan tools yang bisa digunakan, Anda bisa ukur dari hulu sampai hilir. Mulai dari berapa banyak yang melihat iklan Anda, jumlah inquiry, jumlah download dan biaya akuisi dari masing-masing leads. Selain itu Anda juga bisa mengontrol budget agar lebih efisien.

Dengan demikian, tentu Anda akan lebih mudah mengukur keberhasilan iklan dan ROI (Return Of Invesment) yang Anda dapatkan . Selain itu, Anda juga bisa menganalisa hasil iklan Anda, dan bisa mementukan langkah yang lebih baik kedepannya.

 

Kesimpulan

Jadi mengapa bisnis perlu sebuah situs web dan digital marketing adalah untuk meningkatkan pendapatan, reputasi dan keuntungan. Pada dasarnya untuk mempertahankan eksistensi bisnis Anda di pasar dan untuk bisa berkembang lebih baik. Menempatkan bisnis Anda di internet melalui sebuah website dan memastikan orang merasakan kehadiran Anda melalui digital marketing akan memastikan jangkauan yang lebih luas, audince yang lebih besar dan berpotensi mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Komentar Terbaru