Iklan Tempel di Mobil, Masih Efektifkah untuk Pemasaran?

Iklan Tempel di Mobil

Kelebihan Iklan Tempel di Mobil

Di era digital marketing, ada banyak jenis iklan yang mulai dikenalkan. Bagi pemilik bisnis yang telah memanfaatkan promo hosting murah untuk membangun website, Anda pastinya sudah tahu tentang beragam iklan yang populer di era sekarang ini.

Namun,  tahukah Anda, bahwa iklan tempel pada mobil pernah booming dan sangat powerful untuk pemasaran? Iklan tersebut sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan raksasa, lho. Namun, apakah iklan semacam ini masih efektif untuk marketing? Nah, di sini kami akan coba membahasnya.

Mengenal Istilah Iklan Tempel di Mobil

Beberapa pemilik toko online termurah mungkin kurang begitu tahu betapa berpengaruhnya iklan ini pada zamannya. Konsepnya sendiri sangat sederhana. Namun sayangnya, semakin masifnya penggunaan iklan di dunia maya membuatnya menjadi kurang diminati.

Iklan tempel di mobil ini juga dikenal dengan istilah car advertising. Konsep iklan tersebut pertama kali muncul pada sebuah startup yang bernama Wrapify di tahun 2015.

Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut, mengajak pemilik mobil maupun pengemudi untuk menjadikan bodi kendaraannya sebagai media iklan. Maka dimulailah era kejayaan iklan tempel di mobil yang kian diminati.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online Dengan PHP dan MySql

Bahkan, di Indonesia sendiri iklan semacam ini sudah sering diimplementasikan. Tidak sedikit perusahaan startup raksasa yang menggunakan jenis iklan seperti ini.

Kelebihan Pasang Iklan di Body Mobil

Jenis iklan ini disukai karena memiliki banyak kelebihan. Bahkan, sebagian orang menilai bahwa strategi advertising tersebut lebih bagus dibandingkan baliho. Nah, berikut kami jelaskan apa saja kelebihan-kelebihan memasang iklan di bodi mobil:

1. Mudah Dilihat Oleh Banyak Orang

Orang  dapat dengan mudah mengenali suatu brand. Terutama jika iklan dipasang di mobil yang memiliki mobilitas tinggi. Mobil tersebut setiap harinya berjalan ke berbagai tempat, dan menampilkan sebuah iklan di bodinya.

Dengan begitu, suatu brand dapat dengan mudah dikenali oleh masyarakat luas. Semakin banyak orang yang mengenal suatu brand, maka semakin bagus untuk pertumbuhan pemasarannya.

2. Harga Lebih Terjangkau

Karena harganya yang terjangkau, Anda bisa memasang iklan di beberapa mobil sekaligus. Dengan begitu, efektivitas suatu iklan akan jauh lebih optimal. Terutama jika Anda memiliki mobil kantor.

Pemasangan iklan di badan mobil hanya membutuhkan dana untuk pembuatan dan pemasangan stiker saja. Kemudian, stiker bisa Anda tempel langsung di kendaraan milik pribadi, atau kendaraan kantor.

Baca juga: Cara Pasang Iklan di Google Untuk Pemula

Saat ini, beberapa perusahaan transportasi online juga membuka layanan iklan tersebut. Jadi, Anda bisa mempromosikan brand Anda melalui kendaraan transportasi online agar dilirik oleh banyak pengguna layanan tersebut.

3. Lebih Baik Dibandingkan Iklan Billboard

Untuk mengiklankan brand di sebuah billboard, kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun, tidak demikian halnya jika kita memanfaatkan metode iklan tempel di mobil.

Bahkan, iklan tempel di mobil, efeknya hampir sama dengan billboard. Perbedaannya hanya terletak pada medianya saja. 

Iklan Anda bisa dilihat oleh banyak orang ketika berkendara di jalan. Sama seperti iklan billboard yang ada di jalanan.

Apakah Iklan Tempel di Mobil Masih Efektif?

Seperti yang kami jelaskan di atas, model iklan ini sempat booming dan populer. Bukan karena keunikannya saja, juga karena dampaknya yang bagus untuk pemasaran. Namun, bagaimana jika digunakan saat ini?

Untuk menilai seberapa efektif iklan ini, maka harus kita bahas dari segi data. Karena dengan data, kita bisa tahu seberapa hebat hasilnya.

Dilansir dari Technasia, hingga tahun 2020, sudah ada 10 startup lebih di Indonesia yang menghadirkan jenis iklan tersebut. Bahkan, masing-masing perusahaan Startup tersebut, berhasil menghasilkan pendapatan hingga puluhan miliar.

Baca juga: Cara Pasang Iklan di Facebook Untuk Pemula

Dari data ini kita bisa menilai bahwa jenis iklan yang satu ini masih sangat efektif. Bahkan, peminatnya pun masih banyak. Terlebih dengan hadirnya beberapa dukungan layanan startup di bidang tersebut, semakin memudahkan siapa saja yang ingin memasang iklan.

Siapa yang Cocok Menggunakan Iklan di Mobil?

Model iklan semacam ini sebenarnya tidak hanya cocok untuk beberapa brand saja. Pada dasarnya, siapa saja bisa memanfaatkannya. Baik itu perusahaan kecil, menengah, hingga perusahaan-perusahaan besar sekalipun.

Terlebih saat ini sudah banyak perusahaan startup yang menawarkan jasa iklan di mobil. Bahkan pemilik toko online pun bisa menggunakan jenis iklan ini untuk mempromosikan usahanya.

Iklan ini sudah dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang-bidang yang berbeda. Mulai dari elektronik, minuman, hingga marketplace.

Tips Beriklan di Mobil  

Jika Anda tertarik dengan metode iklan ini, Anda bisa langsung mencoba mengimplementasikannya. Namun, jangan sampai salah memilih mobil untuk digunakan sebagai media iklan, ya.

Jika Anda memilih mobil sendiri atau kantor untuk dijadikan media, perhatikanlah sticker yang akan dipilih. Pastikan sticker yang akan ditempel memiliki kualitas yang baik dan tidak mudah terkelupas.

Iklan yang menempel lebih lama tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi bisnis Anda. Dengan begitu, promosi bisnis Anda menjadi lebih optimal dan bertahan lebih lama.

Baca juga: Cara Pasang Iklan di YouTube Untuk Pemula

Namun, jika Anda memilih jasa periklanan mobil, pilihlah startup ternama. Ada cukup banyak startup yang saat ini menawarkan layanan ini. Dengan memilih startup ternama, potensi iklan Anda dilihat oleh banyak orang semakin besar.

Startup di Indonesia yang Menawarkan Iklan di Mobil

Bagi Anda yang bingung memilih startup yang cocok, berikut kami telah rangkum beberapa rekomendasi terbaik.

1. Promogo

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2016 ini, didirikan oleh Sergio Rusli dan Andrew Tanyono. Promogo saat ini sudah mendapatkan investasi besar dari DNC (Discovery Nusantara Capital).

Sejak tahun 2018, Promogo secara resmi diakuisisi oleh Go-Jek. Selain beriklan, brand Anda juga bisa menyediakan sampel gratis untuk para audiens melalui Promogo.

2. Ubiklan

Layanan ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2016. Saat ini, perusahaan startup tersebut bermitra dengan beberapa perusahaan startup seperti Carmudi, OLX, hingga Tokopedia.

Baca juga: Cara Pasang Iklan di LinkedIn Untuk Pemula

Melalui Ubiklan, siapa saja bisa memasang iklan di bodi mobil maupun motor milik mitra pengemudi. Ubiklan juga menyediakan sebuah GPS untuk melacak kendaraan tersebut melalui smartphone.

3. Iklanqu

Melalui Iklanqu, siapa saja bisa memasang iklan di kendaraan secara optimal. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2017. Hingga saat ini, layanannya baru beroperasi di beberapa wilayah saja, hanya khusus Jakarta dan sekitarnya.

4. StickEarn

Startup yang didirikan pada tahun 2016 ini, didirikan oleh Garry Limanata, Archie, Sugito Alim dan Hartanto Alim. Hingga saat ini, StickEarn sudah memiliki puluhan ribu pengemudi.

Sampai saat ini, sudah ada lima puluhan perusahaan yang mamasang iklan melalui StickEarn. Bahkan, StickEarn juga sudah menjalin kerjasama dengan Grab untuk memperluas bisnis mereka.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita bisa simpulkan bahwa iklan tempel di mobil masih efektif untuk pemasaran. Buktinya, banyak perusahaan-perusahaan yang masih merasakan manfaatnya. Bahkan, juga sudah banyak startup yang menyediakan mobilnya sebagai media iklan.

Hosting murah bukanlah satu-satunya iklan yang bagus di era digital marketing. Bahkan, iklan lama seperti jenis tempelan di mobil pun masih efektif untuk pemasaran. Selain itu, juga cocok untuk berbagai bidang usaha. Tertarik mencobanya?

Komentar Terbaru