Fungsi Umum Website Hosting

Kita pastinya menginginkan tempat yang aman dan kuat untuk bernaung, menyimpan aset-aset penting serta melakukan beragam aktivitas. Begitu pula dengan blog atau website, jika ia diibaratkan dengan ragam aktivitas dan tempat penyimpanan, maka hosting merupakan “rumah” atau bangunan yang mesti terjamin kekuatan dan keamanannya.

Website yang aktif tentu akan online setiap waktu. Untuk menjalankan sistem online dan aktif setiap saat maka anda membutuhkan domain dan hosting. Sudah banyak artikel yang membahas tentang fungsi website hosting dan domain. Kali ini kita akan lebih fokus membahas fungsi dari website hosting yang di gunakan oleh teman-teman anda sesama webmaster atau blogger. 

Cara Praktis Belanja Hosting Murah Berkualitas
Sumber Gambar : domainesia.com

Apa Sajakah Fungsi Daripada Website Hosting ?

Website hosting adalah sebuah layanan internet untuk menyewakan tempat yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data dan dokumen penting pada website anda. Data dan dokumen penting yang bisa anda simpan bisa berupa foto, video, database, email dan lain sebagainya. 

Penyimpanan data yang  memiliki ruang yang sangat besar ini sangat cocok untuk anda yang berprofesi dengan potografer atau pencari berita yang lebih banyak membutuhkan tempat penyimanan video dengan skala yang sangat besar.

Selain mendukung anda untuk menyimpan data dan dokumen dengan kapasitas yang besar, ada banyak fungsi penting website yang bisa anda rasakan jika menggunakan website hosting, antara lain adalah : Sebagai Tempat Akses Situs Dari Server Dns Tertentu.

1. Sebagai Tempat Akses Situs Dari Server Dns Tertentu

Jika anda memiliki domain atau hosting dengan alamat hostingku.com, nah alamat yang bisa anda akses tersebut merupakan domain yang terdaftar pada DNS server. Jika penasaran, anda bisa klik hostingku.com, maka anda akan melihat pada bagian paling atas pc anda seperti garis yang berjalan dan memproses permintaan anda kedalam sebuah website. 

Nah jika anda tidak mengetik alamat akses terlebih dahulu, anda tidak akan bisa menemukan website yang bernama domain hostingku. Karena website tidak bisa terlacak dan akan muncul eror atau akses tidak tersedia.

2. Membantu Website Anda Selalu Online

Fungsi hosting yang kedua adalah untuk menjaga website anda agar selalu online 24 jam. Website hanya terpasang dengan hosting agar bisa online setiap saat. 

Jika website anda belum memiliki hosting, maka tidak bisa online karena penyedia hosting menciptakan hosting salah satunya adalah untuk membantu para webmaster atau blogger untuk selalu mengaktikan website dalam keadaan on. Tidak hanya itu hosting juga bertanggung jawab atas fasilitas yang di berikan pada website. 

3. Bisa Memilih Hosting Gratis Atau Berbayar

Pilihan jenis hosting terdiri dari 2 macam yaitu anda bisa memilih gratis atau berbayar. Hosting gratis bisa anda temukan pada platform wordPress atau bawaan dari website yang anda buat. Sedangkan hosting berbayar, anda bisa lebih leluasa membuat dan menggunakan nama domain sendiri sesuai permintaan anda dengan mengelola dari satu tempat.

4. Website Hosting Dapat Di Kelola Dengan Mudah

Hosting bisa anda gunakan dengan semudah mengoperasikan aplikasi seperti media sosial. Website hosting murah memiliki kostumisasi yang dapat memiliki control panel menyesuaikan kebutuhan website anda. 

5. Menghemat Waktu Dan Tenaga

Mantap memiliki website hosting, anda harus memiliki data atau jaringan wifi yang kuat agar selalu terhubung dengan server dan hosting. 

Hal ini berfungsi agar website bisa diakses kapan saja setiap saat tanpa mengenal waktu dan tempat. Dengan begini anda bisa lebih berhemat waktu,tenaga , dan biaya. Pengontrolan juga lebih mudah karena terdapat riwayat atau notifikasi bawaan dari website hosting.

6. Cukup Menghemat Biaya

Fungsi yang paling banyak di minati oleh blogger adalah ketika website hosting meminimalisir biaya. Jika anda harus mengurus website hosting secara manual, anda akan kewalahan dan pekerjaan menjadi terbengkalai karena tidak di bantu dengan sistem online.

Kontrol dan transaksi manual akan menyulitkan anda karena akan memakan banyak waktu tenaga anda. Inilah alasan kenapa anda di sarankan untuk menggunakan wesite hosting gratis atau berbayar.

7. Menjadikan Website Lebih Profesional

Hosting dapat memperlancar aktivitas yang berkaitan dengan fasilitas hosting. Khusus anda yang berbisnis online dan menghasilkan uang dari internet, website hosting sangat di perlukan karena dapat mengantarkan Usaha Anda Pada Keseriusan Tingkat Profesional Bisnis Online.

8. Website Hosting Bisa Untuk Layanan Perusahaan

Tidak hanya untuk situs blog, website, untuk keperluan pribadi, bisnis bahkan bisa untuk layanan tingkat perusahaan. Jika anda atau perusahaan belum ada waktu untuk memegang atau mengoperasikan website hosting, maka anda bisa menyewa jasa untuk memegang control penuh website hosting anda.

9. Pelayanan Lebih Terjangkau

Di setiap tahun, harga atau paket sewa website hosting tidak ada peningkatan patokan harga yang begitu signifikan. Inilah kesempatan anda yang baru berminat memiliki website hosting bisa menyewa sebulan dengan harga yang murah. 

Dengan sewa hosting murah sesuai kebutuhan anda, tentu sudah cukup memuskan dengan fasilitas yang di berikan dari website hosting

Sekian informasi fungsi umum dari website hosting untuk mendukung berkembangnya bisnis atau usaha online anda. Cek juga domainesia.com untuk informasi dan jasa sewa hosting murah berkualitas.

Komentar Terbaru