Cara Daftar dan Pasang Google Analytics di WordPress & Blogspot

Hingga saat ini Google Analytics merupakan salah satu tools yang paling banyak digunakan untuk mengukur aktivitas pada sebuah website. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara daftar dan memasang Google Analtyics pada WordPress & Blogspot. Tutorial ini juga berlaku untuk semua jenis website, baik yang dibangun menggunakan WordPress, coding manual, Blogspot , toko online dan content management system lainnya.

Google Analytics bisa menjadi alat digital komprehensif untuk membantu kamu lebih memahami pelanggan , mengevaluasi situs, konten, dan produk secara akurat. Bukan suatu kebetulan jika produk yang tergabung dalam Marketing Platform Solution dari Google ini bisa menjadi pionir untuk solusi menganalisa website, produk dan aplikasi mobile.

Cara Pasang Google Analytics di WordPress & Blogspot – Bangpahmi.com

Cara Daftar Google Analytics

1. Daftar menggunakan akun GMAIL

Untuk membuat akun pada Google Analytics sebenarnya sangat mudah. Seperti yang kita ketahui bersama, semua layanan dari Google sudah menggunkan skema single sign in. Artinya, jika kamu sudah mempunyai akun GMAIL, secara otomatis sudah bisa menggunakan layanan ini. Sebaliknya, jika belum punya akun GMAIL, silahkan membuat akun terlebih dahulu.

2. Menyiapkan Google Analytics

Setelah membuat akun dan berhasil masuk ke akun GMAIL, selanjutnya silahkan kunjungi website resmi Google Analytics disini. Kemudian kamu akan di arahkan ke halaman daftar seperti gambar berikut. Silahkan isi filed account name sesuai dengan nama website atau aplikasi kamu, contoh : namadomain.com, lalu kelik “Next”

Cara Daftar Akun Google Analytics – Bangpahmi.com

Selanjutnya kamu akan diarahkan kehalaman berikutnya, dimana di halaman ini kamu akan diberi pilihan mana yang akan kamu measure. Silahkan pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini. Kemudian klik “Next” untuk ke langkah selanjutnya, untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Cara Daftar Akun Google Analytics – Pilih yang akan di measure

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman “Properti Details”. Pada halaman ini kamu harus mengetikkan kembali nama website, menginput url website, memilih industri yang related dengan website dan reporting timezone yang akan kamu gunakan. Kamu bisa mengisi filed dibawah dengan format seperti berikut, lalu klik tombol “Create”.

  • Account Name : Isi dengan nama akun kamu, contoh : Web ABC
  • Website Name : Bisa disi dengan url website kamu tanpa https;
  • Website URL : Isi dengan url website kamu, jika website kamu tidak menggunakan ssl, mulai dengan http diikuti dengan nama domain.
  • Industry Category : Pilih industri yang sesuai denga website kamu
  • Reporting Time Zone : Pilih timezone Indonesia

Kamu akan diarahkan kehalaman atau modal “Google Analytics Terms of Service Agreement”, silahkan centang “checkbox” lalu klik tombol “I Accept”.

Cara Daftar Akun Google Analytics – Properti Details

Jika kamu sudah mengikuti instruksi diatas dengan baik, selanjutnya kamu akan di arahkan kehalaman dimana “Tracking Code Google Analtytics” berada. Selamat, kamu baru saja berhasil membuat akun Google Analytics pertama kamu. Silahkan ulangi langkah diatas jika kamu butuh menganalisa lebih dari satu website atau aplikasi.

Cara Daftar Akun Google Analytics – Tracking Code

Kamu perlu copy tracking code diatas untuk dipasang di website atau aplikasi yang ingin kamu analisa.

Cara Pasang Google Analytics

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memasang Google Analtycs di website kamu. Pastinya akan ada sedikit perbedaan dalam memasang Google Analytics di CMS seperti WordPress, Blogspot atau website yang di coding sendiri, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan, silahkan pilih sesuai kebutuhan kamu.

1. Pasang Google Analytics di WordPress

Cara paling mudah untuk memasang Google Analitycs di WordPress adalah menggunakan plugin pendukung. Banyak plugin pendukung yang bisa kamu gunakan, salah satu yang paling populer adalah Google Analytics Dashboard Plugin for WordPress by MonsterInsights. Kamu bisa download plugin ini disini, kamu juga bisa download melalui Dashboard WordPress.

Selain itu, kamu juga bisa pasang melalui theme WordPress yang kamu gunakan. Silakan masuk ke menu Setting>Theme Editor seperti gambar berikut.

Pasang Google Analytics di WordPress – Theme Editor

Kemudian cari file “Header.php” lalu pastekan tracking code yang sudah kamu copy tadi tepat sebelum tag </head>. Kamu juga bisa pasang tracking code ini di halaman “Footer.php” tepat sebelum tag </body>, lalu klik save atau simpan untuk memastikan tracking code kamu terpasang dengan baik.

2. Pasang Google Analytics di Blogspot

Memasang Google Analytics di Blogspot juga tidak terlalu sulit meskipun CMS ini tidak sefleksibel WordPress. Caranya sangat sederhana, silahkan login ke akun Blogspot kamu lalu pilih menu Theme>Edit HTML kemudian pastekan tracking code yang sudah kamu copy tadi tepat sebelum tag
</head>. Selain itu, kamu juga bisa pasang code ini tepat sebelum tag
tag </body>, lalu klik simpan untuk memastikan tracking code kamu terpasang.

3. Pasang Google Analytics di Website Buatan Sendiri

Memasang Google Analytics di website buatan sendiri tidak juah beda dengan CMS seperti WordPress atau Blogspot. Caranya sangat simple, silahkan pastekan tracking code yang sudah kamu copy tadi tepat sebelum tag </head> pada section Header atau tepat sebelum tag
tag </body> pada section Footer website kamu. Kemudian simpan untuk memastikan tracking code kamu terpasang.

Kesimpulan

Google Analytics adalah alat yang sangat powerfull dengan fitur yang sangat mengagumkan. Apalagi mengingat alat ini bisa kamu gunakan tanpa harus mengeluarkan duit sepeserpun, sangat disayangkan jika alat canggih ini tidak terpasang di website kamu.

Cara daftar dan implementasinya juga tidak terlalu sulit, malah bisa dikategorikan mudah. Sebab alat ini sangat bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh orang yang tidak faham dunia IT sekalipun. So, tunggu apa lagi, silahkan pasang segera di website kamu ya.

Silahkan bagikan tutorial cara daftar dan pasang Google Analytics ini ke rekan atau orang terdekat jika menurut kamu ilmu ini bermanfaat. Terima kasih.

Komentar Terbaru