Cara Pasang Iklan di LinkedIn dengan Campaign Manager Lengkap Untuk Pemula

Memasang iklan di LinkedIn akan memberi Anda kredibilitas lebih sebagai pemilik bisnis. Cara pasang iklan di LinkedIn juga cukup mudah berkat fitur Campaign Manager. Dengan fitur ini, Anda bisa memasang iklan hanya dalam waktu beberapa menit, dan memilih format terbaik yang sesuai dengan strategi bisnis.

Campaign Manager menawarkan tiga format iklan dasar, yaitu konten bersponsor (Sponsored Content), pesan email internal bersponsor (Sponsored InMail), dan iklan teks (Text Ads). Berikut adalah cara-cara membuat setiap iklan tersebut lewat Campaign Manager.

Langkah Membuat Konten Bersponsor

Langkah Membuat Konten Bersponsor – Cara Pasang Iklan LinkedIn dengan Fitur Campaign Manager – expressbd.fr

Konten bersponsor adalah artikel dengan topik tertentu yang bertujuan mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu tentang promosi Anda, misalnya melakukan klik atau memesan produk dan jasa. Konten ini muncul langsung di halaman LinkedIn. Cara membuatnya adalah:

  1. Pilih Sponsored Content dari pilihan pembuatan kampanye iklan di akun Campaign Manager Anda
  2. Pilih jenis pembaruan informasi yang ingin Anda promosikan, baik yang dari LinkedIn Company Page maupun Showcase Page. Anda juga bisa membuat konten baru untuk isi promosi yang lebih “segar”
  3. Pelajari halaman pratinjau yang ditampilkan. Jika sudah benar, klik tombol Sponsor selected, lalu klik Next

Ketika konten bersponsor sudah tayang, tampilannya akan sedikit mirip dengan tautan artikel atau berita yang muncul di linimasa Facebook. Pemilik akun LinkedIn bisa membaca, memberi komentar, atau melakukan CTA dengan tombol Follow di ujung kanan atas.

Langkah Membuat Email Internal Bersponsor

Langkah Membuat Email Internal Bersponsor – Cara Pasang Iklan LinkedIn dengan Fitur Campaign Manager – bluecorona

Email internal bersponsor (Sponsored InMail) menawarkan pesan yang lebih personal dan privat. Anda bisa menggunakannya untuk membidik target tertentu yang sesuai dengan tujuan kampanye iklan. Langkah membuatnya adalah:

  1. Pilih Sponserd InMail di akun Campaign Manager
  2. Tambahkan akun para penerima yang hendak Anda kirimi email bersponsor
  3. Tambahkan judul serta ringkasan (summary) dari isi pesan bersponsor Anda. Ringkasan tersebut akan memberi penerima petunjuk tentang isi pesan
  4. Ciptakan isi pesan. Anda bisa menambahkan elemen personal dengan menggunakan nama depan si penerima di awal pesan. Hindari berbasa-basi dan gunakan struktur standar (sapaan, ucapan terima kasih, kalimat undangan, informasi bisnis/penawaran, serta ajakan)
  5. Klik Next untuk menambahkan tautan ke halaman yang hendak Anda promosikan. Ikuti instruksi yang tersedia untuk mengirim pesan

Pastikan isi pesan Anda tidak lebih dari 1.000 kata. Hal ini untuk menghindari kebosanan dan membantu penerima mencerna isi pesan dengan lebih baik.

Langkah Membuat Iklan Teks

Langkah Membuat Iklan Teks – Cara Pasang Iklan LinkedIn dengan Fitur Campaign Manager – expressbd

Iklan teks adalah alat untuk kampanye bayar-per-klik (Pay Per Click, atau PPC). Anda bisa membuat teks singkat yang akan mengundang orang untuk melakukan klik. Keunggulannya adalah Anda hanya akan ditagih setiap kali iklan tersebut diklik. Berikut langkah membuatnya:

  1. Pilih Text Ads di halaman Campaign Manager
  2. Tentukan halaman yang akan otomatis dituju orang yang melakukan klik pada iklan Anda. Pilihannya adalah halaman akun LinkedIn atau situs Anda
  3. Tambahkan judul (maksimal 25 karakter), isi teks (maksimal 75 karakter), serta gambar yang akan menjadi tampilan iklan. Anda akan melihat pratinjaunya di sebelah kanan
  4. Klik Save jika sudah puas dengan tampilan iklan

Anda bisa langsung menerbitkan iklan teks atau membuat yang baru. Batas maksimal jumlah iklan teks dalam satu kampanye adalah 15 buah.

Memilih Target dan Menentukan Biaya

Memilih Target dan Menentukan Biaya – Cara Pasang Iklan LinkedIn dengan Fitur Campaign Manager – business.linkedin

Memilih target yang tepat adalah kunci iklan sukses. Semua jenis iklan LinkedIn memiliki metode sama untuk membuat target iklan. Usahakan mengisi area promosi secara spesifik. Misalnya, jangan hanya mengisi “Indonesia”, tetapi juga kota-kota di mana target potensial berada, seperti “Jakarta”, “Bandung”, dan “Bogor”. Anda juga bisa memilih target berdasarkan nama perusahaan, kampus, industri, profesi, usia, serta jenis kelamin.

Langkah terakhir adalah menentukan biaya serta penawaran (bid). Anda bisa memilih antara biaya per klik (CPC), per pengiriman (CPS), atau per impresi (CPM). CPS cocok untuk Sponsored InMail, CPC untuk iklan yang menarik tindakan langsung, sedangkan CPM untuk mempromosikan merek. Jika sudah menentukan semuanya, klik tombol Launch Campaign untuk menayangkan iklan.

Mengetahui cara pasang iklan di LinkedIn akan membantu Anda membuat kampanye iklan profesional. Luncurkan iklan sekarang juga untuk menarik perhatian kaum profesional dan mempromosikan bisnis Anda.

Komentar Terbaru