Tips Memasang Iklan Mudah dan Efektif di YouTube Untuk Pemula

Pemilik bisnis kini semakin dimudahkan dengan kebijakan baru Google untuk meningkatkan potensi promosi lewat YouTube. Pada tahun 2017, Google AdWords memungkinkan pengiklan YouTube untuk membidik calon pelanggan berdasarkan rekaman pencarian mereka di Google. Pelajari cara memasang iklan di YouTube untuk meningkatkan brand awareness, trafik serta potensi penjualan. Akan lebih mudah jika Anda sudah memiliki akun Google Ads.

Langkah Memasang Iklan di YouTube

Langkah Memasang Iklan di YouTube – Tips Memasang Iklan Mudah dan Efektif di YouTube – carabisnisonline

Anda bisa membuat iklan serta menayangkannya di YouTube lewat Google Ads. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buat video iklan.Pastikan video iklan Anda sudah siap dan dan telah diunggah ke YouTube. Gunakan judul, deskripsi, tautan, serta tagar yang dapat memikat target Anda.
  2. Pilih kampanye video di Google Ads. Masuklah ke akun Google Ads Anda, dan klik tombol Campaign. Pilih iklan video.
  3. Ciptakan detail kampanye iklan. Buat judul kampanye dan pilih tujuan iklan Anda, misalnya menciptakan konversi, beriklan di perangkat mobile, atau mengajak untuk berbelanja.
  4. Pilih format video. Iklan YouTube terdiri dari tiga jenis, yaitu TrueView, Pre-roll/Mid-roll, dan Bumpers. Anda hanya bisa memilih satu untuk setiap kampanye.
  5. Tentukan anggaran dan frekuensi penayangan. Tentukan anggaran iklan untuk sehari sesuai kebutuhan Anda. Tentukan juga frekuensi penayangan terkait bujet iklan. Anda bisa memilih antara frekuensi standar (tayang setiap hari) atau accelerated (tayang sesering mungkin, biasanya jika mengikuti tren tertentu).
  6. Tentukan tempat penayangan (Network). Tempat penayangan iklan YouTube terbagi menjadi dua, yaitu YouTube Search dan YouTube Videos. Pilihan kedua memberi alternatif lebih luas, karena video Anda juga bisa tayang di situs dan aplikasi milik rekan-rekan Google.
  7. Tentukan lokasi target penayangan iklan. Anda bisa menentukan lokasi spesifik untuk menayangkan iklan. Walau ada pilihan untuk menayangkan iklan di seluruh dunia, Anda sebaiknya mengisi lokasi secara lebih spesifik, sesuai target penayangan. Lokasi yang terlalu umum akan membuat iklan tidak efektif.
  8. Tentukan penayangan iklan di perangkat tertentu. Apakah Anda ingin mengincar pengguna perangkat tertentu? Mungkin khusus pengguna Android atau iPhone? Gunakan pilihan perangkat (Devices). Anda bisa memilih semua jenis perangkat, atau hanya perangkat mobile. Anda juga bisa menaikkan jumlah penawaran untuk perangkat tertentu, misalnya menawar sedikit lebih tinggi untuk promosi lewat ponsel.
  9. Ciptakan cuplikan konten dan jumlah penawaran. Tarik perhatian dengan menciptakan judul dan deskripsi kampanye yang menarik. Batas panjang judul adalah 25 karakter, sedangkan deskripsi 35 karakter. Gunakan fungsi pratinjau untuk mengulas pilihan penayangan iklan. Setelah itu, Anda harus memilih jumlah penawaran yang harus Anda bayar untuk setiap penayangan.

Akhirnya, jangan lupa menentukan jenis target penayangan. Pilih dari informasi demografi (rentang usia, jenis kelamin, status dalam keluarga) serta minat (otomotif, seni, investor, kuliner, kecantikan). Jika sudah dipilih, klik Done, dan iklan pun siap tayang.

Pilihan Format Iklan YouTube  

YouTube memiliki tiga format iklan, yaitu:

1. TrueView

TrueView – Tips Memasang Iklan Mudah dan Efektif di YouTube – landerapp

TrueView adalah iklan panjang berupa video standar, dan memiliki tulisan “Ad”. Jenis iklan ini ada yang bisa dilewatkan (skipped), dan ada yang tidak. Pengiklan bebas berkreasi dengan dengan konten, karena tujuannya adalah memastikan bahwa penonton menyaksikannya sampai habis atau melakukan klik.

2. Pre-roll/Mid-roll

Pre-roll/Mid-roll – Tips Memasang Iklan Mudah dan Efektif di YouTube – dailydigitalfix

Iklan ini adalah jenis yang muncul di awal atau tengah video yang sedang ditonton pengguna YouTube. Jenis iklan ini biasanya tidak bisa dilewatkan, dan durasinya bisa mencapai 15 hingga 20 detik (untuk pre-roll) atau hingga 10 menit (untuk mid-roll). Iklan ini biasanya menekankan aspek Call to Action (CTA), misalnya mengunjungi tautan akun YouTube atau situs pengiklan.

3. Bumpers

Bumpers – Tips Memasang Iklan Mudah dan Efektif di YouTube – cultofmac

Iklan ini adalah yang terpendek, dengan durasi hanya sekitar enam detik. Iklan ini tayang sebelum video pilihan penonton. Iklan pendek cocok untuk memberi gambaran singkat produk baru atau menayangkan teaser.

Ketiga iklan ini dapat Anda pilih untuk mempromosikan produk yang sama, yaitu dengan menciptakan kampanye terpisah.

Aspek audiovisual dari video adalah sarana tepat untuk menarik perhatian lebih babanyak orang dalam hal promosi. Mengetahui cara memasang iklan di YouTube akan membantu Anda beriklan dengan lebih efektif.

Komentar Terbaru