Cara Membuat Iklan di Instagram Lengkap Untuk Pemula Dengan Ads Manager

Instagram kini sudah menjadi salah satu jejaring sosial terpopuler untuk beriklan. Formatnya yang berbasis visual mampu menarik perhatian cukup besar. Akan tetapi, karena halaman jejaring sosial ini tidak bisa menampilkan tautan yang dapat diklik, kamu harus tahu cara pasang iklan di Instagram yang dapat menarik orang untuk mengikuti profil bisnis kamu.

Membuat iklan di Instagram akan lebih mudah jika kamu sudah memiliki Facebook page untuk bisnis yang akan dipromosikan. Gunakan identitas bisnis Facebook kamu untuk membuat akun bisnis Instagram, dan manfaatkan fitur Ads Manager Facebook untuk menciptakan kampanye iklan.

Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager
Langkah Membuat Iklan Instagram – Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager – infopeluangusaha.org

Langkah Membuat Iklan Instagram

Ads Manager memudahkan kamu membuat iklan Instagram yang memiliki label “Sponsored” di atas foto. Berikut cara menggunakan fitur ini untuk beriklan lewat Instagram:

  1. Sambungkan Facebook page bisnis dengan akun Instagram yang hendak kamu iklankan
  2. Kunjungi halaman Ads Manager Facebook dan klik Create (tombol hijau)
  3. Pilih tujuan kampanye iklan yang kamu butuhkan, misalnya Brand Awareness, App Installs, Video Views, atau Engagement
  4. Buat Pixel Kampanye. Beberapa jenis iklan membutuhkan Facebook Pixel untuk mendukung tampilannya. Jika kamu belum memilikinya, akan muncul pesan untuk mengunduhnya
  5. Pilih rincian target iklan sesuai dengan area pemasaran, rentang usia pelanggan, bahasa, jenis kelamin, dan kata kunci yang ada hubungannya dengan produk kamu. Klik Save Audience juga sudah selesai
  6. Pilih lokasi penempatan iklan. kamu akan melihat Instagram sebagai salah satu pilihan. kamu disarankan untuk memilih penempatan otomatis, tetapi ada juga pilihan manual. kamu akan melihat gambar pratinjau di sebelah kanan
  7. Pilih biaya serta frekuensi iklan sesuai dengan kebutuhan. Jika semua sudah disesuaikan, klik Continue
  8. Pilih format iklan. Kamu akan melihat sederet format yang bisa dipilih untuk memasang iklan Instagram. Iklan ini bisa berupa satu atau beberapa foto serta video singkat
  9. Tambahkan judul dan deskirpsi iklan. Geser kursor ke bagian bawah untuk menambahkan judul dan deskripsi lengkap produk yang akan kamu iklankan.
  10. Perhatikan halaman pratinjau lagi. Kamu bisa kembali untuk mengubah rincian tertentu, atau klik Confirm/Place Order jika sudah puas

Jika iklan sudah tayang, kamu akan melihat bahwa foto atau video Instagram tersebut hadir dengan tulisan “Sponsored”. Pengguna Instagram akan melihat instruksi Call to Action di bawah iklan tersebut, misalnya Learn More” atau Shop Now”.

Jenis Iklan yang Tayang di Instagram

Ada beberapa bentuk iklan yang tayang di Instagram, dan masing-masing cocok dengan jenis kampanye tertentu. Kamu harus menyesuaikan antara format iklan dengan tujuan kampanye, karena tidak semuanya saling terhubung. Berikut beberapa format iklan Instagram yang populer:

Jenis Iklan yang Tayang di Instagram
Jenis Iklan yang Tayang di Instagram – Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager – progresstech

Ada beberapa bentuk iklan yang tayang di Instagram, dan masing-masing cocok dengan jenis kampanye tertentu. Kamu harus menyesuaikan antara format iklan dengan tujuan kampanye, karena tidak semuanya saling terhubung. Berikut beberapa format iklan Instagram yang populer:

1. Foto

Iklan foto adalah yang paling sederhana dan mudah diaplikasikan. Iklan ini dapat kamu gunakan untuk semua jenis kampanye iklan yang ditawarkan Ads Manager.

Foto – Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager
Foto – Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager – dricweb

2. Video

Iklan video Instagram kini bisa tayang selama 60 detik, bukannya 15 detik seperti saat fitur ini pertama hadir. Format ini dapat mendukung kampanye iklan Brand Awareness, Engagement, Video Views, dan Lead Generations.

Video - Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager
Video – Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager – langit23

3. Carousel

Carousel adalah iklan yang berupa sederet foto. Instagram saat ini menetapkan batas 10 foto untuk satu postingan berformat carousel. Format ini dapat mendukung kampanye iklan Brand Awareness, Reach, dan Video Views serta variasinya (misalnya menggabungkan foto dengan video dalam satu postingan).

Carousel - Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager
Carousel – Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager – skedsocial

4. Slideshow

Iklan slideshow menggunakan satu postingan foto yang gambarnya dapat berganti-ganti. Iklan jenis ini mendukung kampanye Brand Awareness, Reach, Lead Generation, App Installs, Video Views, dan Engagement.

Slideshow - Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager
Slideshow – Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager – labana

5. Instagram Stories

Instagram Stories menghadirkan foto atau video yang akan hilang sendiri setelah 24 jam. Format ini cocok untuk hampir semua jenis kampanye iklan, kecuali App Installs dan Engagement.

Instagram Stories - Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager
Instagram Stories – Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram lewat Ads Manager – supekanbaru.tribunnews

Pastikan memilih format iklan yang tepat untuk setiap kampanye Instagram. Kamu dapat membuat lebih dari satu kampanye dengan format berbeda (jika pilihannya tersedia) untuk meningkatkan potensi keberhasilannya.

Instagram menghadirkan pemasaran efektif lewat paduan elemen visual berupa foto dan video. Walau tidak bisa menghadirkan tautan yang bisa diklik (kecuali yang ada di profil Instagram), kamu bisa menggunakannya sebagai pendukung strategi pemasaran lainnya. Mengetahui cara pasang iklan di Instagram akan membuat bisnis kamu mendapat banyak perhatian dan klik potensial.

Komentar Terbaru