Cara Pasang Iklan di Google Untuk Pemula Dengan Google Ads

Ingin membuat bisnis kamu lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang sungguh membutuhkannya? Pelajari cara pasang iklan di Google menggunakan Google Ads. Versi pembaruan dari Google AdWords ini menawarkan kemudahan untuk menciptakan kampanye promosi dalam berbagai bentuk, sekaligus menayangkannya secara tepat.

Langkah Awal Membuat Iklan Google

Langkah Awal Membuat Iklan Google – Cara Pasang Iklan Mudah dan Cepat di Google Ads – laptopmag

Kampanye iklan memiliki beragam tujuan. Ada yang mengundang orang untuk datang ke lokasi  bisnis (misalnya toko), ada yang melakukan konversi klik menjadi pembelian, dan ada juga yang meningkatkan lalu-lintas pengunjung situs. Jika Kamu mengincar hasil yang berbeda, rencanakan beberapa kampanye berbeda sesuai tujuannya.

Kamu juga harus menyiapkan kata kunci spesifik, yaitu sesuatu yang akan dicari calon pembeli. Misalnya, jika menjual helm kustom untuk sepeda motor, gunakan kata kunci “helm sepeda kustom”, bukan “helm” atau “perlengkapan sepeda”. Gunakan Keyword Tool, fitur Google Ads yang berfungsi menemukan variasi kata kunci serta peringkat jumlah pencariannya. Tentukan sekitar 15 hingga 20 kata kunci.

Masuklah ke situs Google Ads menggunakan akun Kamu, dan pilih tombol Mulai Sekarang/ Start Now. Selanjutnya, ikuti langkah – langkah untuk membuat iklan sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Membuat Iklan Penelusuran Google


Membuat Iklan Penelusuran Google – Cara Pasang Iklan Mudah dan Cepat di Google Ads – sellbrite

Google Ads menawarkan empat bentuk iklan,yaitu iklan penelusuran (search ads), iklan tampilan (display ads), aplikasi, dan video. Iklan penelusuran merupakan yang paling sederhana dan direkomendasikan untuk pemula. Berikut langkah – langkah membuatnya:

1.Tentukan bahasa yang digunakan

Bahasa menentukan lokasi promosi produk atau bisnis Kamu. Pastikan pilihan bahasa yang Kamu gunakan di akun Google Ads sudah sesuai. Pilihan bahasa dapat ditemukan di halaman preferensi (Preferences).

2.Tentukan anggaran harian

Kamu bisa menentukan jumlah yang bisa dikeluarkan dalam sehari. Misalnya, jika harga penawaran (bid)sebesar Rp1.000, dan Kamu memiliki anggaran harian sebesar Rp100.000, maka Kamu akan mendapat jatah 100 klik.

3.Tentukan lokasi penayangan iklan

Tentukan lokasi yang cukup spesifik untuk menayangkan iklan Kamu. Mengetik nama yang terlalu generic seperti “Indonesia” atau “United States”akan menurunkan potensi iklan Kamu. Pilih kota-kota besar atau area tertentu yang merupakan sasaran bisnis Kamu.

4.Tentukan jaringan dan kata kunci

Hindari memberi tkamu centang pada kata “Display Network” karena dapat menurunkan efisiensi kampanye untuk membidik target yang tepat. Kamu juga harus sudah siap memasukkan semua kata kunci kekotak yang tersedia (pisahkan dengankoma).

5.Isi penawaran (bid)

Sesuaikan antara penawaran dengan anggaran harian yang telah Kamu rencanakan.

6.Tulis isi iklan

Iklan penelusuran mengkamulkan teks yang berada di bawah judul tautan Kamu. Gunakan kata – kata yang singkat, menarik, dan “langsung tembak”. Jangan lupa menyelipkan kata-kata kunci utama Kamu dengan cara sealami mungkin. Pastikan pembaca iklan Kamu menemukan semua yang mereka cari di teks tersebut.


Membuat IklanPenelusuran Google – Cara Pasang Iklan Mudah dan Cepat di Google Ads – clickhowto

Setelah mengisi semua kotak,Kamu tinggal memulai kampanye, dan informasi pembayaran akan dikirimkan ke email Kamu. Pastikan membayar serta melakukan konfirmasi sesuai ketentuan, agar iklan bisa segera tayang. Orang yang mengetikkan kata kunci Kamudi Google akan melihat teks iklan Kamu di halaman hasil pencarian, lengkap dengan logo “Ad”.

Membuat Iklan Display, Video, dan Aplikasi


Membuat Iklan Display, Video, dan Aplikasi – Cara Pasang Iklan Mudah dan Cepat di Google Ads – semrush

Iklan display, video, dan aplikasi hamper mirip dengan iklan penelusuran.Akan tetapi, ada proses khusus yang membedakan mereka, yaitu:

1.Menentukan tampilan (display)

Dalam iklan display, Kamu akan diminta untuk memasukkan beberapa foto yang sudah disiapkan. Iklan ini akan dikirimkan lewat alamat email, sehingga orang bisa menuju ke situs Kamu langsung dari sana.

2.Mengunggah video YouTube

Dalam iklan display, Kamu akan diminta untuk memasukkan beberapa foto yang sudah disiapkan. Iklan ini akan dikirimkan lewat alamat email, sehingga orang bisa menuju ke situs Kamu langsung dari sana. Mengunggah video YouTube

Iklan video menuntut Kamu untukmembuat video iklan dan mengunggahnya ke YouTube. Kamu kemudian bisa menyelipkan tautan ke video tersebut di dalam proses pembuatan iklan.

3.Membuat tampilan untuk aplikasi

Jika membuat iklan aplikasi, Google Ads akan menyediakan beberapa pilihantampilan. Kamu harus memilihnya sesuai dengan jenis perangkat yang diiincar (misalnya Android atau IPhone).

Mengetahui cara pasang iklan di Google akan membantu Kamu memasarkan produk atau bisnis sesuai  dengan target yang diincar. Gunakan fitur – fitur Google Ads untuk membuat iklan Kamu menyasar calon pelanggan yang tepat.

Komentar Terbaru