Cara Membuat Iklan di Facebook Untuk Pemula Dengan Facebook Ads Manager

Facebook adalah salah satu  jejaring social paling potensial untuk memasang iklan. Hal ini didukung oleh strategy penyatuan fitur Power Editor Kedalam Ads Manager. Cara membuat iklan di Facebook pun menjadi semakin mudah dengan Ads Manager versi baru ini. Kamu tidak hanya bisa membuat iklan,tetapi juga membuat target pemasaran yang lebih spesifik.

Kamu bisa mengakses Ads Manager lewat pilihan “Create Ads” di menu sebelah kanan atas halaman Facebook. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk membuat iklan yang bagus.

1. Buat Facebook page Untuk Bisnis Kamu

Buat Facebook page untuk bisnis
Buat Facebook page untuk bisnis Kamu – Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Ads Manager – cnet

Memiliki Facebook page (bukan akun perorangan) adalah keharusan untuk bisa menggunakan Ads Manager. Selain merupan syarat utama, pembuatan Facebook Page juga akan meningkatkan kredibilitas bisnis. Jangan lupa untuk memasang gambar profil serta logo berkualitas yang mencerminkan bisnis kamu.

Isi profil halaman selengkap mungkin dengan definisi, alamat, nomor telepon, dan alamat email bisnis kamu. Pastikan kamu mengisi Facebook page tersebut secara teratur, dan informasi keberadaan iklannya kesebanyak mungkin pengguna Facebook.

2. Tentukan Tujuan Pembuatan Iklan

Tentukan tujuan pembuatan iklan
Tentukan tujuan pembuatan iklan – Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Ads Manager – o4uxrk33

Ads Manager memiliki pilihan tujuan promosi yang harus kamu klik sebelum melanjutkan pembuatan iklan. Misalnya, ada promosi merek (brand awareness), peningkatan jumlah kunjungan (traffic), konversi, serta peningkatan respon audience (engagement). Mengetahui tujuan beriklan akan membantu kamu menentukan iklan yang tepat.

3. Tentukan Target Pemasaran

Tentukan target pemasaran
Tentukan target pemasaran – Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Ads Manager – Theconversation

Setelah menentukan tujuan pembuatan dan menamai kampanye iklan, kamu harus menetukan target utama iklan. Mulailah dari menentukan Adset serta sasaran iklan secara umum, misanya warga Negara Indonesia atau Amerika Serikat berusia 18 tahun keatas. Kamu kemudian bisa menentukan riciannya, seperti lokasi yang lebih spesifik, batas usia terendah dan tertinggi, serta jenis kelamin.

Kamu juga mendapat pilihan untuk memasukkan kata-kata kunci tertentu di baris Detailed Targeting. Kamu bisa mengetik kata-kata terkait kegemaran atau perilaku yang disasar pada calon pelanggan, seperti ”diet”, “turun berat badan,” “traveling”, dan sebagainya.

4. Pilih Lokasi Penempatan Iklan

Pilih lokasi penempatan iklan
Pilih lokasi penempatan iklan – Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Ads Manager – fortune

Penempatan iklan di Facebook bervariasi, tergantung tampilan dan format iklan serta biaya yang kamu miliki. Setelah melengkapi semua detail iklan, kamu bisa menuju ke Placements untuk menentukan lokasi iklan. Pilihan termudah adalah Automatic Placements, karena Facebook akan otomatis menentukan lokasi iklan di semua seperti, Newsfeed, Marketplace, dan Stories.

Kamu juga bisa memilih lokasi penempatan iklan secara manual, yaitu lewat tombol Edit Placements. Hilangkan semua lokasi penempatan yang tidak kamu inginkan dengan menghikangkan tanda centang di samping setiap nama. Kamu juga bisa memilih menu Device Types untuk menentukan apakah iklan tersebut akan tampil di Facebook versi desktop atau mobile (atau keduanya).

5. Pilih Bujet dan Jadwal Penayangan Iklan

Pilih bujet dan jadwal penayangan iklan
Pilih bujet dan jadwal penayangan iklan – Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Ads Manager – pantau

Bujet dan jadwal penayangan iklan menjadi menu selanjutnya setelah kamu menentukan lokasi. Kamu bisa memperkiranya jumlah biaya yang akan dihabiskan. Setelah memilih bujet harian serta jadwal, kamu akan melihat perkiraan biaya iklan selama seminggu. Jumlah ini mungkin tidak seakurat,namun kalkulasinya tidak akan terlau jauh.

Kamu juga bisa mengatur penayangan iklan sesuai kebutuhan serta angggaran. Misalnya, terdapat pilihan untuk menayangkan setiap satu tahunnya pada hari tertentu. Ada juga pilihan untuk mengatur penyebaran iklan berdasarkan biaya, dengan pilihan berupa standard (paling murah), Uniformed (penyebaran setara sepanjang jadwal penayangan), dan Accelerated (paling sering sekaligus mahal).

6. Pilih Facebook Page Serta Format Iklan

Pilih Facebook page serta format iklan
Pilih Facebook page serta format iklan – Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Ads Manager – fupping

Tentukan Facebook page yang kamu ingin gunakan untuk memasang iklan (jika lebih dari satu, pilih yang sesuai). Pilih format sesuai kebutuhan, misalnya yang memajang satu gambar, lebih dari satu gambar, atau yang berupa slideshow dan video.

Tambahkan teks atu fitur yang mendukung proses promosi,seperti kalimat deskripsi atau undangan, tombol CTA (call-to-action) ,atau piksel.

Tekan tombol konfirmasi setelah mengisi semua rincian iklan. Kamu akan menerima info pembayaran,dengan pilihan metode yang sesuai dengan ketersediaan dimasing-masing Negara. Jika semua syarat sudah terpenuhi, iklan kamu akan langsung tayang di Facebook.

Dengan mengetahui cara membuat iklan di Facebook yang baik dan benar akan membantu kamu menciptakan strategi pemasaran yang sesuai dengan demografi target dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Pastikan menentukan pilihan yang sesuai dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan, agar penyampaian iklan tepat sasaran.

Komentar Terbaru